Percaya atau tidak, matematika adalah induk dari semua cabang ilmu. Mungkin sebagian orang berfikir bahwa “dunia matematika itu mengerikan”, tapi faktanya adalah “dunia itu mengerikan tanpa matematika”.
Semua ilmu matematika, dengan sadar atau tidak, adalah kehidupan kita. Namun, setelah berkembang dan bekembang, karena amat sangat luasnya, maka matematika dikelompokkan kedalam bagian-bagian kecil, seperti, matematika tentang menghitung perubahan fisik, dinamakan fisika, matematika tentang keuangan, dinamakan dengan ilmu ekonomi, matematika tentang perubahan zat, dinamakan kimia.
Selanjutnya admin akan memaparkan sedikit tentang penerapan matematika dalam problem solving oleh seorang insinyur.
Pekerjaan Insinyur:
Menyelesaikan Masalah.
Science atau Art?
Insinyur menggunakan science untuk memecahkan masalah
Namun, skill untuk memecahkan masalah mungkin lebih condong ke art
Beberapa Teknik Penyelesaian Masalah :
Pencacahan (Counting)
Kalkulasi (Berhitung)
Menentukan rumus (penyederhanaan atau perluasan)
Pembuktian (Logika)
Aplikasi
Contoh Sketsa grafik fungsi berikut
F(t)=sin(2t)
F(t)=2sin(t)
F(t)=sin(t/2)
F(t)=sin (1/t)
Nyatakan dalam bentuk penjumlahan
Jawab:
= 1(1
+ 1) + 2(2 + 1) + 3(3 + 1) + 4(4 + 1) + 5(5 + 1)
= 1 × 2 + 2 × 3 + 3 × 4 + 4 × 5 + 5 × 6
= 2 + 6 + 12 + 20 + 30
Pembuktian :
Misalkan f suatu fungsi bernilai real, f dikatakan linear jika untuk suatu x dan y sebarang berlaku :
f(x+y)= f(x) + f(y)
f(bx)= b f(x), untuk konstanta b
Selidiki apakah fungsi berikut linear
f(x)=c
f(x)=2x
Bukti :
Ambil x dan y sebarang. Perhatikan bahwa f(x)=c dan f(y)=c, sementara itu f(x+y)=c. sehingga f(x)+f(y)=c+c=2c dan f(x+y)=c. akibatnya f bukan fungsi linear.
Problem
Penyelesaian masalah hanya dapat dilakukan dengan melakukannya karena hampir setiap masalah berbeda
Artinya?
Banyak PR untuk mahasiswa matematika!
Mencoba berbagai problem
Penggunaan komputer?
Komputer dapat digunakan membantu menyelesaikan masalah, tetapi manusialah yang menyelesaikannya.
JENIS-JENIS MASALAH
Masalah Riset (Research Problems)
Ada hipotesa yang harus dibuktikan (proved or disproved)
Contoh:
Hipotesa: CFC (chlorofluorocarbon) merusak lapisan ozone
Bagaimana membuktikannya?
Masalah Pengetahuan (Knowlede Problems)
Masalah dimana seseorang tidak memiliki pengetahuan
Contoh
Insinyur
kimia melihat pabriknya lebih produktif kalau hujan. Kenapa?
Investigasi menunjukkan bahwa heat exchanger menjadi lebih dingin karena
ada hujan
Masalah Troubleshooting (Troubleshooting Problems)
Perangkat tidak berfungsi seperti yang diharapkan
Contoh
Sebuah amplifier mengeluarkan hum 60 Hz ketika lampu TL dinyalakan. Pemecahan: membuat shield untuk mengisolasi rangkaian elektronik dari 60-cycle radiation dari lampu
Masalah Matematis (Mathematics Problems)
Model matematik digunakan untuk menjelaskan fenomena fisik
Jika fenomena fisik tersebut bisa dimodelkan secara akurat dengan matematik, sang insinyur dapat menggunakan kemampuan matematiknya untuk memecahkan masalah
Masalah Sumber Daya (Resource Problems)
Keterbatasan sumber daya merupakan hal yang lazim
Insinyur yang dapat menyelesaikan pekerjaan meskipun ada keterbatasan sumber daya sangat dihargai
Masalah Sosial (Social Problems)
Contoh
Pabrik berada di tempat yang kurang tenaga kerja karena sekolah buruk
Sang insinyur melakukan training
Masalah Perancangan (Design Problems)
Ini jantung dari engineering
Membutuhkan kreativitas, teamwork, dan pengetahuan yang luas
Pendekatan Penyelesaian Masalah
Identifikasi Masalah
Sintesis
Analisis
Aplikasi
Komprehensi
Keterampilan Penyelesaian Masalah
Yang diperlukan
Pengetahuan (knowledge)
Pengalaman (Experience) untuk menggunakan pengetahuan secara bijak
Ketrampilan Belajar memperoleh pengetahuan yang baru
Motivasi untuk mengikuti dan mengatasi masalah yang sukar
Komunikasi dan kepemimpinan untuk mengkoordinasikan aktivitas dalam tim
Teknik Penyelesaian Masalah Tanpa Kesalahan
Given
1. Gambarkan selalu keadaan fisik
2. Nyatakan asumsi-asumsi
3. Tunjukkan semua sifat dalam diagram dengan besaran (unitnya)
Find
4. Tandai besaran tak diketahui dengan tanda tanya
Relationship
5. Dari teks, tulis persamaan utama yang menyatakan besaran yang diinginkan.
6. Manipulasi persamaan aljabar untuk mengisolasi besaran yang diinginkan
7. Tuliskan persamaan subordinat untuk besaran yang tidak diketahui. Gunakan inden untuk persamaan subordinat. Lakukan untuk semua persamaan yang dibutuhkan
Solusi
8. Setelah manipulasi aljabar dan substitusi dilakukan masukan nilai-nilai beserta unitnya.
9. Yakinkan penghilangan unit dilakukan dengan benar. Cek lagi untuk kesalahan tanda.
10. Hitung jawabannya.
11. Tandai dengan jelas hasil akhir yang diperoleh. Tunjukkan unitnya.
12. Periksa apakah jawaban yang diperoleh secara fisik masuk akal atau tidak.
13. Yakinkan bahwa semua pertanyaan sudah terjawab.
Perkiraan atau tebakan
o Contoh-contoh
§ Simplifikasi
geometri
Perkirakan luas permukaan tubuh rata-rata manusia
§ Penggunaan
analogi
Perkirakan volume tubuh rata-rata manusia
§ Skala
Perkirakan jumlah antal dalam satu gerobak
§ Batas
Jawaban
Perkirakan massa sebuah gerobak
§ Ekstrapolasi
dari sample
Perkirakan jumlah bahan bakar yang dikonsumsi saat mahasiswa pulang lebaran
Nah, bagaimana? Sangat luas bukan?
Semoga bermanfaat ^_^ !
Sumber : Budi Rudianto, M.Si dalam bahan ajar konsep teknologi
Comments
Post a Comment