Cara Masuk/Membuka Safe Mode Saat Windows Tidak Bisa Booting

Meskipun untuk membuka Safe Mode di Windows 10 tidak semudah pada Windows 7 maupun Windows Vista, namun Microsoft tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan akses ke Safe Mode dengan mudah. Salah satu cara yang pernah saya coba adalah menggunakan msconfig, advanced startup, dan pilihan yang ada di Start Menu.

Salah satu kegunaan Safe Mode adalah untuk mengatasi masalah startup failed dan virus/aplikasi yang menjengkelkan untuk selanjutnya dihapus melalui Safe Mode. Karena Windows 10 sudah tidak lagi mendukung Safe Mode tradisional yang biasanya kita akses menggunakan F8, pada tutorial kali ini saya akan membahas cara membuka Safe Mode ketika Windows tidak dapat masuk destop/booting sama sekali.
Untuk masuk ke Safe Mode dalam keadaan Windows rusak, kita dapat menggunakan recovery disk atau USB/DVD instalasi Windows 10. Namun pada tulisan kali ini, saya hanya akan menjelaskan cara kedua saja, yakni menggunakan USB/DVD instalasi Windows 10.

Membuka Safe Mode di Windows 10 ketika Windows tidak dapat booting

Berikut adalah langkah untuk masuk ke Safe Mode di Windows 10 menggunakan DVD/USB instalasi Windows 10. Jika Anda sudah memiliki ISO Windows 10, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah 3.
Langkah 1: Download Media Creation Tool dan jalankan untuk mengunduh ISO Windows 10 langsung dari server Microsoft.
Langkah 2: Setelah proses download ISO Windows 10 selesai, ikuti langkah cara membuat bootable usb instalasi Windows 10 pada tutorial ini.
Langkah 3: Sambungkan DVD/USB flashdisk instalasi yang sudah Anda buat pada langkah 2 ke komputer yang sedang bermasalah. Restart komputer Anda dan pastikan Anda sudah memilih USB/DVD boot first pada pengaturan BIOS/UEFI komputer Anda.
Langkah 4: Setelah komputer Anda berhasil booting dari perangkat instalasi tadi, selanjutnya Windows akan menampilkan layar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Disini, pilih bahasa dan keyboard yang sesuai dengan Anda, lalu klik tombol Next.
Tampilan Install Windows 10
Tampilan Install Windows 10
Langkah 5: Selanjutnya layar instalasi akan muncul. Disini klik link Repair your computer (kiri bawah) untuk membuka layar perbaikan.
Tampilan Install Windows 10 (Install Now)
Tampilan Install Windows 10 (Install Now)
Langkah 6: Pada langkah ini, klik pilihan Troubleshoot untuk membuka alat bantuan.
Membuka Advanced Options
Membuka Advanced Options
Langkah 7: Setelah layar Troubleshoot muncul, klik Advanced options.
Troubleshoot Windows 10
Troubleshoot Windows 10
Langkah 8: Disini Advanced options akan memberikan beberapa pengaturan dan pilihan perbaikan termasuk Startup Settings.
Advanced Options (Startup settings)
Advanced Options (Startup settings)
Langkah 9: Ketika Anda melihat tampilan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, klik tombol Restart.
Startup Settings Windows 10
Startup Settings Windows 10
Langkah 10: Terakhir, ketika Anda melihat tampilan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, tekan tombol F4 atau angka 4 untuk masuk ke Safe mode (normal).
Masuk Safe mode di Windows 10
Masuk Safe mode di Windows 10
Mudah bukan? Jika ada kesulitan, sampaikan melalui kolom komentar

Comments

Post a Comment